Jumat, 27 Oktober 2017

Prestasi Akademik Siswa Di Ajang Olimpiade Jaringan Mikrotik - APJII 2017

Acara Olimpiade Jaringan Mikrotik – APJII 2017 ini adalah prakarsa dari Citraweb Nusa Infomedia (Citraweb), dan diselenggarakan bersama antara Citraweb Nusa Infomedia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Acara Olimpiade ini juga termasuk salah satu acara dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi APJII ke-21, dan MikroTik User Meeting 2017 Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini bertujuan mengasah dan mendorong penguasaan ilmu jaringan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, khususnya SMK yang memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Kemampuan mengelola jaringan ini adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, seiring dengan hampir semua jenis perusahaan bermigrasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan.

MikroTik adalah salah satu perangkat jaringan yang saat ini banyak digunakan di dunia industri dan operator telekomunikasi. Keterampilan untuk mengkonfigurasi MikroTik juga banyak diajarkan di SMK-SMK, khususnya yang memiliki jurusan TKJ. Bahkan lebih dari 200 SMK telah terdaftar sebagai MikroTik Academy, program kerja sama dengan MikroTik yang memberikan hak bagi SMK untuk menyelenggarakan pelatihan dan ujian sertifikasi MikroTik Certified Network Associates (MTCNA).

APJII sebagai wadah bagi perusahaan penyelenggara telekomunikasi, menganggap acara Olimpiade ini sesuai dan sangat bermanfaat bagi anggotanya. Proses rekruitmen dan magang kerja di operator telekomunikasi bisa menjadi tindak lanjut yang sama-sama menguntungkan, baik dunia industri maupun dunia pendidikan.

Di tahun 2017 ini, SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang mengirimkan Tim untuk mengikuti Olimpiade Jaringan Mikrotik – APJII 2017. Tim Stemba Semarang (Peserta : Leonardus Daniel Krisnayuda P. dan Alexander Rio Adi Negoro dengan Pembimbing : H. Joestiharto, S.Pd., SST, MT) telah berhasil melewati Babak Penyisihan wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung di kampus Universitas Dian Nuswantoro Semarang pada tanggal 23 September 2017 dan berhak mengikuti Babak Final tanggal 26 Oktober 2017 di Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Jl. Laksda Adisucipto No.81, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada Babak Final, Tim Stemba Semarang telah berhasil memperoleh nilai tertinggi, sehingga berhak mengikuti Babak Grand Final yang berlangsung di tanggal 26 Oktober 2017 pada malam harinya. Perjuangan di Babak Grand Final, Tim Stemba Semarang bersaing dengan Tim SMK Negeri 2 Depok Sleman, DI Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Nglegok, Jawa Timur. Alhamdulillah, Tim Stemba Semarang berhasil mengumpulkan skor tertinggi, sehingga berhak memperoleh predikat sebagai Juara I.

Berikut sebagian liputan kegiatan tersebut.
Babak Penyisihan wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta


Babak Final Tahap 3 dan 4

Daftar SMK yang masuk Babak Final Cerdas Cermat

Tim Stemba Semarang (Leonardus Daniel Krisnayuda P. dan Alexander Rio Adi Negoro)

Perolehan Skor Terakhir

Pemenang Lomba

Pemberian Medali Penghargaan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud : Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D.

Pemberian Medali Penghargaan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud : Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D.

Foto Bersama

Foto Bersama Para Juara

Sambutan Perwakilan Mikrotik - Arnis Riekstins

Babak Grand Final

Tidak ada komentar:

Posting Komentar