Minggu, 13 Januari 2013

Pendidikan Karakter Kembali Disemaikan di SMK Negeri 7 Semarang

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa kembali disemaikan di SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang. Kegiatan kali ini dikemas dengan nama Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) XXX bagi kelas X semua kompetensi keahlian. Acara berlangsung pada tanggal 12 s.d. 13 Januari 2013. Berkenan menjadi embina upacara pada upacara pembukaan - Ketua Majelis Gugus Depan 11.089 - 11.090 Ambalan Ir. Soekarno - Fatmawati yang berpangkalan di SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang - Drs. M. Sudarmanto, M.Pd. Upacara pembukaan dimulai sekitar jam 07.00 WIB dihadiri oleh segenap jajaran manajemen SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang.
Pelaksanaan Persami sebagai salah satu wujud penyemaian pendidikan karakter di lingkungan SMK Negeri 7 Semarang pada umumnya dan bagi kelas X khususnya, demikian yang diungkapkan oleh Pembina Upacara. Selanjutnya karakter yang hendak disemaikan dan diharapkan dapat tercermin pada siswa kelas X setelah mengikuti Persami adalah :
  1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disipilin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan
Karakter tersebut di atas lebih dikenal sebagai Dasa Darma Pramuka.
Pembukaan Persami ditandai dengan 2 kali Tepuk Pramuka, pelepasan balon Merah Putih, dan penyematan tanda peserta. Agenda kegiatan Persami antara lain : pengetahuan tanda jejak, P3K, tali-temali, teknik kepramukaan, dan pentas seni.

Ikhlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar