Minggu, 19 November 2017

Berpartisipasi pada Seminar dan Focus Group Discussion di P4TK Matematika Yogyakarta

Tepatnya dari tanggal 16 s.d. 18 November 2017 yang lalu, SMK Negeri 7 Semarang mengirim dutanya untuk mengikuti Seminar dan Focus Group Discussion : “Potensi Pemanfaatan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia dan Peluang Praktik Kerja Industri bagi Siswa SMK. Kegiatan berlangsung di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika Yogyakarta, Jalan Kaliurang Km 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agenda kegitan tersebut menghadirkan nara sumber dari para guru, dosen, dan dari Perusahaan Casio Jepang dengan materi sebagai berikut :
  1. Peluang Magang / Praktik Kerja Industri di Jepang oleh Mr. Takuto Kimura (Manager Calculator / Label Printer Devision).
  2. Potensi Pemanfaatan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika bagi Siswa dan Guru serta Calon Guru oleh DR. Djadir (Universitas Negeri Makasar), Untung Trisna Suwaji, M.Si. (Widyaiswara P4TK Matematika Yogyakarta), dan Abdul Karim (Asosiasi Guru – Ikatan Guru Indonesia).
  3. Potensi Pemanfaatan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika oleh Prof. Widodo (Universitas Gajah Mada).
  4. Pemanfaatan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika di Berbagai Negara oleh Prof. Barry Kissane (Universitas Murdoch Australia)
  5. Potensi Pemanfaatan Kalkulator dalam Pembelajaran Matematika : Best Practice Implementasi Pembelajaran Matematika oleh Chandra Ubayanti (SMA Negeri 1 Fakfak, Papua), Charles Paraira (SMA Negeri 1 Ambon), Khairudin (SMA Nurussalam Aceh Timur), dan Harman (SMA IT Abu Bakar Yogyakarta)
  6. Pengembangan Produk Kalkulator Saintifik Khusus Untuk Indonesia oleh Mr. Yonehara (Research and Development Casio Jepang).
Kegiatan tersebut menghsilkan kesepakatan dari para peserta dengan panduan dari para Widyaiswara P4TK Matematika Yogyakarta sebagai berikut :
  1. Rekomendasi dari guru SMA tentang Potensi Pemanfaatan Kalkulator untuk Pembelajaran Matematika di Indonesia.
  2. Penyusunan Draft Pedoman dan Road Map Program magang / Praktik Kerja Industri di Industri Kalkulator Casio bagi Siswa SMK.
Berkenan hadir menutup acara kegiatan adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – Didik Suhardi, Ph.D. dan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D.

Berikut sebagian liputan kegiatan tersebut.
Foto bersama usai kegiatan (dari kiri : Andi Adriyatmoko, S.Kom. - SMK Negeri 2 Klaten, Prof. Barry Kissane - Universitas Murdoch Australia, Masruhan Mufid, S.Pd., M.Kom. - SMK Negeri 7 Semarang, Mr. Yonehara - Research and Development Casio Jepang, Mr. Takuto Kimura - Manager Calculator / Label Printer Devision, dan Hari Seputro, S.Pd., MT - SMK Negeri 7 Semarang)
Suasana penutupan kegiatan (dari kiri : DR. Rachmadi W. - Widyaiswara P4TK Matematika Yogyakarta, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D. - Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi, Ph.D. - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan DR. Daswati Astuty, M.Pd. - Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar