Senin, 25 Maret 2019

Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2019

Seiring dengan berlangsungnya kegiatan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) bagi kelas XII Tahun 2019, maka kepada para siswa kelas X dan kelas XI diberikan kegiatan berupa Penguatan Pendidikan Karakter. Untuk tahun 2019 kali ini berlokasi di Lapangan Tembak TNI AD, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berkenn hadir membuka kegiatan adalah Kepala Sekolah - Drs. M. Sudarmanto, M.Pd. didampingi Jajaran manajemen SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang. Kegiatang berlangsung dari tanggal 25 s.d. 28 Maret 2019 untuk kelas X dan tanggal 01 s.d. 04 April 2019 untuk kelas XI. Adapun Instruktur seluruhnya dari TNI AD.

Sekelumit penuturan siswa kelas XI peserta Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2019 yang sempat berbagi cerita dengan penulis :
  1. Untuk hari pertama itu kita datang langsung diadakan apel pembukaan. Di waktu apel itu petugasnya dari siswa Pembina Apel yaitu pak Rasno, S.Pd. Kemudian setelah apel barang-barang bawaan kami dicek pak dan jika membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan harus dikumpulkan namun tidak akan di sita. Di waktu apel karena kami banyak yang tidak tertib seperti gerak-gerak sendiri kami seangkatan dihukum untuk tiarap, guling-guling, dan masuk ke selokan. Kemudian setelah apel kami persiapan langsung ke barak masing-masing. Setelah itu kami istirahat makan siang bersama-sama. Usai makan kami memulai persiapan materi yaitu PBB. Kami diajarkan banyak sekali materi PBB diselingi bercanda-canda dengan pelatih. Di waktu malam kami juga diberi materi lapangan.
  2. Hari ke-2 kami diberi materi tata upacara sekolah. Kemudian sore kami diberi materi lapangan. Selanjutnya di malam hari kami pengajian rutin dari hari pertama sampai terakhir setelah itu dilanjutkan jurit malam. Setelah jurit malam kami dipersilakan istirahat.
  3. Hari ke-3 kami bermain bersama seangkatan yang dibagi-bagi kelompoknya. Permainannya seru sekali pak sampai ada yang basah semua karena terkena lumpur. Setelah itu kami latihan PBB dan yel-yel kemudian persiapan pensi (pentas seni). Namun karena kendala hujan di malam hari pensi di tiadakan. Di malam hari setelah hujan kami langsung kumpul untuk renungan bersama. Sambil seangkatan mendoakan almarhum Nur Agus Dwi Jayanto alumni 2013 TKBB (kakaknya Dewi Puspita Nugraheni - XI SIJA 1) yang meninggal karena sakit pak, yang diberitahukan pada malam itu.  
  4. Di hari ke-4, semua kegiatan selesai dilaksanakan dan diakhiri dengan apel penutupan. Alhamdulillah semua kegiatan berlangsung dengan lancar meskipun beberapa kegiatan banyak menguras tenaga.
Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
 Kepala Sekolah - Drs. M. Sudarmanto, M.Pd. berkenan menjadi Inspektur Upacara Pembukaan

Jajaran Manajemen SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang bersama Pelatih dari TNI mengikuti Upacara Pembukaan

Peserta dengan antusias mengikuti kegiatan

Pose sejenak usai Upacara Pembukaan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2019

 Suasana pendidikan oleh Pelatih TNI

 Perjalanan mengenal alam sekitar

 Pendidikan dengan gembira

 Suasana makan bersama (putra)

 Suasana makan bersama (putri)

Liputan oleh TVRI Jawa Tengah

 Suasana makan siang bersama kelas XI

 Kepala Sekolah - Drs. M. Sudarmanto, M.Pd. berkenan menjadi Inspektur Upacara Penutupan

 Jajaran Manajemen SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang bersama Pelatih dari TNI mengikuti Upacara Penutupan

Ekspresi para siswa di akhir Upacara Penutupan

  Pose sejenak usai Upacara Penutupan Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2019

Salah satu kelas berpose usai Upacara Penutupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar