Kamis, 22 Desember 2011

SMK Negeri 7 Semarang Berpartisipasi Pada Video Conference Penguatan Promosi UKBI Dalam Jaringan

Hari ini - Kamis, 22 Desember 2011 di Kampus SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang telah dilaksanakan acara dengan tajuk Video Conference (Vicon) Penguatan Promosi Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia (UKBI) Dalam Jaringan. Acara tersebut berlangsung dengan 4 (empat) lokasi, yaitu SMK Negeri 7 Semarang - Jawa Tengah, SMK Negeri 7 Samarinda - Kalimantan Timur, SMK Cokroaminoto Kotamubago - Sulawesi Utara, dan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Berkenan hadir di SMK Negeri 7 Semarang pada acara tersebut adalah : Asisten Kesra Provinsi Jawa Tengah, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kasi Pengendalian Mutu Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Semarang, dan Kepala Balai Bahasa Semarang.

Acara tersebut sebagai wujud nyata pelaksanaan program pemerintah dalam rangka memupuk semangat kebangsaan melalui UKBI. Pelaksanaan kegiatan Vicon dipandu langsung dari Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh lokasi Semarang, Samarinda, Kotamubago, dan Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan lagu daerah dari Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Selanjutnya disampaikan sambutan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Di akhir acara Vicon, berkenan Ibu Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyapa ketiga lokasi yang sedang online dengan Jakarta. Beliau menanyakan kesan dan pesan tiap daerah terkait dengan pelaksanaan UKBI di daerah masing-masing. Banyak hal yang disampaikan dari daerah kepada ibu Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, diantaranya keinginan daerah untuk dapat difasilitasi pelaksanaan UKBI dengan gratis kepada seluruh siswa.

Terkait dengan kegiatan Vicon, untuk lokasi Vicon di Semarang sehari sebelumnya telah dilaksanakan uji coba keterlaksanaan perangkat lunak UKBI yang dilaksanakan di Laboratorium Programming Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang. Hasil yang diperoleh sangat memuaskan menurut penilaian dari Tim Balai Bahasa Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar