Kamis, 06 Maret 2014

Guru Tamu Dari Malaysia

Sebanyak 5 (lima) orang mahasiswa calon guru dari Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) telah melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 7 Semarang. Mereka adalah bagian dari 14 mahasiswa asing yang menetap di Kota Semarang selama sebulan mulai 10 Februari hingga 10 Maret 2014 yang merupakan program kerja sama antara IKIP PGRI Semarang dengan Universitas Teknologi Malaysia.
 
Sesuai rencana tugas mahasiswa PPL dari Malaysia ini tidak hanya mengajar di ruang kelas tetapi juga menularkan wawasan global. Sedangkan keuntungan bagi siswa, dengan bertemu dan bergaul dengan orang-orang luar negeri akan memiliki wawasan dan motivasi untuk belajar ke luar negeri. Motivasi itu penting bagi siswa karena dapat menekan hambatan dalam menuntut ilmu.
Rektor IKIP PGRI Semarang - DR. Muhdi, SH, M.Hum. menyampaikan, bahwa melalui kegiatan PPL tersebut, para guru yang ada di Semarang terutama yang di sekolah tempat PPL dapat mengambil manfaat dari pola pengajaran yang diterapkan. Muhdi menambahkan, selain dapat bertukar pengalaman mengajar dan mengetahui masing-masing sistem pendidikan yang ada di kedua negara, juga dapat menjadi pembelajaran budaya.
Sementera itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang - Drs. Sudjono, M.Si. yang turut hadir pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya memfasilitasi kerjasama tersebut dengan menyediakan sekolah untuk tempat PPL. "Kami juga berharap kerjasama internasional ini dapat terus dikembangkan lebih lanjut hingga ke tingkat antar guru dan siswa dari kedua negara," katanya.
Di SMK Negeri 7 Semarang, mahasiswa mengajar di 3 Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Konstruksi Batu dan Beton, serta Teknik Kendaraan Ringan. Setelah satu bulan melaksanakan PPL, pada hari Rabu, 5 Maret 2014, calon Cik Gu dari Malaysia berpamitan. 
Sebelum berpamitan, sehari sebelumnya telah diadakan gelar budaya yang diisi kebudayaan dari Malaysia oleh mahasiswa Malaysia dan penampilan Karawitan dan Musik Akustik dari siswa SMK Negeri 7 Semarang bertempat di Kampus IKIP PGRI Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar