Selasa, 05 April 2016

Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016 di SMK Negeri 7 Semarang

Sesuai dengan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMK Tahun 2016, maka SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang dari tanggal 04 s.d. 07 April 2016 menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016. Ujian kali ini diikuti oleh 599 siswa yang terbagi menjadi 3 (tiga) sesi dengan 8 (delapan) ruangan ujian. Adapun jadwal UNBK 2016 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII semua kompetensi keahlian adalah sebagai berikut :
Dengan antusias tinggi para siswa mengerjakan soal yang tampil pada monitor dengan komputer yang terhubung ke server lokal dan server lokal terhubung ke server pusat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Meski tak lagi menjadi syarat kelulusan, ujian nasional (UN) masih menjadi momok tak hanya bagi siswa tapi juga guru dan sekolah. Berbagai cara ditempuh untuk berlaku jujur selama perhelatan nasional yang digelar tiap tahun itu.
"Tidak hanya guru dan panitia yang menandatangani pakta integritas. Seluruh peserta ujian nasional kelas XII juga kami sodori pakta integritas untuk ditandatangani," ujar Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Negeri 7 Semarang - Albasori, S.Pd. kepada Okezone, Selasa (5/4/2016).
Lembaran kertas yang berisi pernyataan bahwa peserta wajib menjunjung tinggi kejujuran itu ditandatangani sebelum siswa mengerjakan soal-soal UN. Termasuk juga oleh siswa yang mengerjakan soal UN menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer. Sebab, menurut Albashori, kejujuran dan tanggung jawab tetap ditekankan kepada seluruh siswa.
"Kalau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) kan soal antara siswa dengan lainnya itu berbeda, jadi tidak bisa saling contek. Tapi penandatanganan pakta integritas ini tetap kami lakukan, karena ingin siswa juga turut menjunjung kejujuran," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar