Sabtu, 30 September 2017

Peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah

Tanggal 29 September 2017 yang lalu segenap warga kampus Simpang Lima Semarng (SMK Negeri 7 Semarang) menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah. Acara dikemas dalam bentuk pemberian santunan kepada siswa/siswi yatim, piatu, ataupun yatim-piatu dan pengajian. Bekenan menjadi narasumber pengajian adalah bapak KH Mustaghfirin, M.Ag. dari Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII bersama bapak/ibu Guru dan Karyawan yang beragama Islam tersebut sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi dalam bidang Penguatan Pendidikan Karakter. Terlaksananya kegiatan tersebut dikelola oleh Ekstra Kurikuler Kerohanian Islam bekerja sama dengan Takmir Masjid Al Adab. 

Intisari ceramah yang disampaikan bahwa memasuki Tahun Baru Hijriyah umat Islam diingatkan sebagaimana makna QS Al Ma'un (107) yang mengingatkan kepada umat Islam bahwa jangan sampai menjadi pendusta agama (yaitu orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin) dan mengingatkan  pula jangan sampai termasuk orang yang celaka meskipun sudah menjalankan sholat (yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna)

Berikut sebagian cuplikan kegiatan tersebut.

Dengan antusias para siswa mengikuti acara

Dengan antusias para siswi mengikuti acara

Di sela-sela acara dihibur dengan alunan Rebana oleh Arabasta Rebana

Petugas pembawa acara (Rahans Elang Jayatama - XI TKJ 1 dan Vinka Defitri Puspitasari - XI TKJ 2)

Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an oleh Muhammad Nasikh - X TKGSP 2 dan Sari Tilawah oleh Fahima Choirun Nabila - XI TKJ 1

Laporan Ketua Panitia (Mukhammad  Nafa' Khalimi - XI TKJ 1)

Suasana khitmad bapak/ibu Guru dan Karyawan mengikuti acra

Sambutan Ketua Takmir Masjid Al Adab - Drs. Arwani (Guru Pendidikan Agama Islam)

Sambutan Kepala Sekolah - Drs. H. M. Sudarmanto, M.Pd.

Pemberian Santunan dari bapak/ibu Guru/Karyawan kepada siswa yang berhak menerimanya oleh Kepala Sekolah - Drs. H. M. Sudarmanto, M.Pd.

Pemberian Santunan dari bapak/ibu Guru/Karyawan kepada siswa yang berhak menerimanya oleh Ketua Sosial - Drs. Sutiyono, M.Pd.

Pemberian Santunan dari bapak/ibu Guru/Karyawan kepada siswa yang berhak menerimanya oleh Kepala Tata Usaha - Dra. Hj. Punjung Rejekiningsih

Pemberian Santunan dari bapak/ibu Guru/Karyawan kepada siswa yang berhak menerimanya oleh Koordinator Guru Normatif Adaptif - Dra. Hj. Sri Handayani

Uraian hikmah Tahun Baru Hijriyah oleh KH Mustaghfiri, M.Ag.

Narasumber bersama kepala Sekolah dan Ketua Takmir Masjid Al Adab meninggalkan acara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar