Kamis, 01 Februari 2018

Salah Satu Buah Pendidikan Karakter Yang Telah Terwujud Nyata

Organisasi di sekolah memiliki peranan yang sangat penting bagi siswa. Bagaimana tidak ? dengan berorganisasi kita bisa memiliki teman diluar kelas yang dapat kita ajak untuk bekerjasama. Banyak manfaat serta kelebihan dengan mengikuti organisasi, diantaranya menambah ilmu dan melatih kepemimpinan pada siswa. Setiap organisasi ataupun ekstrakurikuler sekolah pastinya memiliki anggota dan penggerak organisasi tersebut agar organisasi tersebut dapat berjalan dengan semestinya sesuai dengan visi serta misi organisasi tersebut. Ekstrakurikuler pastinya memiliki anggota serta penggerak, tak jauh berbeda dengan organisasi. Setiap sekolah di Indonesia pasti memiliki organisasi atau ekstrakurikuler yang diadakan untuk mendukung serta mengembangkan bakat siswa disekolah tersebut. Begitu pula di SMK tercinta kita – SMK Negeri 7 Semarang, yang memiliki kurang lebih 20 ekstrakurikuler dan organisasi yang bersama-sama membangun dan memberikan prestasi terbaik untuk sekolah kami. Dibalik kesuksesan dari setiap organisasai pastinya ada penggerak organisasi dan anggota organisasi yang sangat hebat di dalamnya. 


Di tahun pelajaran 2017/2018 ini setiap organisasi dan ekstrakurikuler di SMK Negeri 7 Semarang mengalami perpindahan jabatan dari angkatan sebelumnya (kelas XII) ke angkatan selanjutnya (kelas XI). Perpindahan jabatan ini atau yang biasa disebut re-organisasi dilakukan agar organisasi dapat tetap berjalan lancar saat angkatan atas fokus menghadapi ujian nasional. Hal ini dilakukan dengan mengubah semua struktur, pemimpin, dan program kerja organisasi tersebut. Tahun ini, siswa kelas XI TKJ 1 memiliki berbagai prestasi membanggakan di setiap organisasi yang mereka ikuti. Menjadi penggerak organisasi tidaklah mudah bagi setiap siswa karena tidak semua siswa mendapat kepercayaan yang lebih dari anggota organisasi, dan pemegang jabatan sebelumnya. Pemegang atau pengurus inti organisasi meliputi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang sangatlah berperan penting dalam sebuah organisasi dan ekstrakurikuler. Beberapa siswa XI TKJ 1 memegang jabatan dan kepercayaan itu. Beberapa siswa dari kelas XI TKJ 1 ikut andil dalam ekstrakurikuler dan organisasi di SMK Negeri 7 Semarang, antara lain :
  1. Anggia Dea Saputri – Ketua Donor Darah Sukarela (DORAS) SMK Negeri 7 Semarang.
  2. Arif Budi Setiawan – Bendahara Kerohanian Islam (ROHIS) SMK Negeri 7 Semarang
  3. Aulia Cahya Sari – Sekretaris Palang Merah Remaja (PMR) SMK Negeri 7 Semarang
  4. Aulia Istiqfani – Sekretaris Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Negeri 7 Semarang
  5. Devina Rosa Damayanti – Wakil Ketua Palang Merah Remaja (PMR) dan Sekretaris Kerohanian Islam (ROHIS) SMK Negeri 7 Semarang
  6. Dikka Prasetyo – Ketua Teater SMK Negeri 7 Semarang
  7. Fahima Choirun Nabila – Ketua Stemba English Club (SEC) SMK Negeri 7 Semarang
  8. Fanny Julia Ananda – Ketua Stemba Wajah Indonesia (SAWAJI) dan Sekretaris Stemba English Club (SEC) SMK Negeri 7 Semarang
  9. Hasnaa Auliya Putri Ismail – Wakil Ketua Stemba Student Company
  10. Mukhammad Nafa’ Khalimi – Ketua Kerohanian Islam (ROHIS) SMK Negeri 7 Semarang
  11. Nadia Kusuma Dewi – Bendahara Kerohanian Islam (ROHIS) dan Stemba English Cub (SEC) SMK Negeri 7 Semarang
  12. R. Bagus Ario Arlianda Dwiputra – Ketua Argapeta  SMK Negeri 7 Semarang
  13. Rahans Elang Jayatama – Ketua Ambalan dan Wakil Ketua Kerohanian Islam (ROHIS) SMK Negeri 7 Semarang
  14. Rindang Ayu Oktaviani – Ketua KAPA SMK Negeri 7 Semarang
  15. Sherenita Nefertiti – Ketua Bahasa Jepang (SENAKA) SMK Negeri 7 Semarang
  16. Steffani Gietari Putri – Sekretaris Basket Putri SMK Negeri 7 Semarang
Siswa - siswa tersebutlah yang memiliki tanggung jawab dan peranan penting di setiap organisasi yang mereka ikuti.  Semoga mereka dapat menjalani tangung jawab dan kepercayaan mereka serta dapat menyeimbangkan waktunya untuk tetap berprestasi di akademik siswa XI TKJ 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar