Sabtu, 18 Maret 2023

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2023

U
ji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) dengan memperhatikan paspor keterampilan dan / atau portofolio. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Untuk tahun pelajaran 2022/2023 kali ini, tiap kompetensi keahlian dapat memilih skema UKK sesuai dengan karakteristik kompetensi keahlian masing-masing dengan berpedoman pada Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diterbitkan oleh Direktorat SMK, Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek, Tahun 2023.
  • Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi (SIJA) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 06 s.d. 18 Maret 2023 yang dilaksanakan oleh LSP P1 SMK Negeri 7 Semarang dengan mengambil Skema KKNI Level II Teknik Komputer dan Jaringan - BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 70 orang.

Siswa mengerjakan konfigurasi jaringan

Siswa mengerjakan konfigurasi jaringan

Asesmen tiap siswa oleh Asesor

Asesmen tiap siswa oleh Asesor
  • Teknik Tenaga Listrik (TTL) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 13 s.d. 19 Februari 2023 yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur sebanyak 25 siswa. Selanjutnya pada tanggal 15 s.d. 16 Maret 2023 dilaksanakan untuk 47 siswa lainnya bersama dengan industri mitra CV Prima Solusindo
Uji Praktik
  • Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan (KGSP) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 17, 20 s.d. 21 Maret 2023 yang dilaksanakan dengan industri mitra PT Pola Dwipa. Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 108 orang.

Uji Praktik Ukur Tanah

Uji RAB

Uji Wawancara

Uji Wawancara
  • Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan (KJIJ) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 07 s.d. 10 Maret 2023 yang dilaksanakan dengan industri mitra PT Inakko Internasional Konsulindo. Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 70 orang.
Uji Praktik RAB

Uji Praktik Gambar dengan AutoCAD

Uji Wawancara
  • Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur (TFLM) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 13 s.d. 18 Maret 2023 yang dilaksanakan dengan industri mitra PT Akurasi Prima Toolsindo. Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 71 orang.

Uji praktik CNC

Uji wawancara
  • Teknik Mekatronika (TME) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 13 s.d. 16 Maret 2023 yang dilaksanakan dengan industri mitra PT Tritama Karya Persada. Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 72 orang.
Siswa melaksanakan uji praktik

Uji wawancara hasil praktik
  • Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi (TEDK) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 15 s.d. 16 Maret 2023 yang dilaksanakan dengan industri mitra PT Graha Service Indonesia (GSI) / Samsung. Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 71 orang.
Suasana saat siswa melaksanakan UKK
  • Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif (TMPO) menyelenggarakan UKK bagi kelas XIII dari tanggal 14 s.d. 16 Maret 2023 yang dilaksanakan dengan industri mitra PT Karya Zirang Utama Daihatsu Sudirman Semarang. Kegiatan UKK diikuti oleh siswa sebanyak 71 orang.
Uji Praktik Tune Up Engine

Asesmen tiap siswa secara bergiliran

Asesmen tiap siswa secara bergiliran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar