Selasa, 15 Oktober 2013

Idul Adha 1434 Hijriyah Di Kampus SMK Negeri 7 Semarang

Kegiatan Idul Adha 1434 H di kampus SMK Negeri 7 Semarang diawali dengan iuran para siswa untuk latihan qurban, penerimaan hewan qurban dari siswa maupun guru/karyawan, malam takbiran. sholat Ied, penyembelihan hewan qurban, dan pembagian daging qurban. Adapun sebagai puncak kegiatan dan untuk kali pertama dilaksanakan di Kampus SMK Negeri 7 Semarang adalah Sholat Ied.
Berkenan menjadi imam Sholat Ied adalah bapak Drs. Arwani, sedangkan bertindak sebagai khotib adalah bapak Abdullah Jamil, S.Ag., M.Si., keduanya adalah guru pengampu Pendidikan Agama Islam. Turut hadir dalam pelaksanaan Sholat Ied : Kepala Sekolah - Drs. M. Sudarmanto, M.Pd., Ketua Kompetensi Keahlian - Drs. M. Chalim (TGB), Drs. Heri Krisna Dwi Sumartono (TKBB), Drs. Harto, M.Si. (TP), Drs. Teguh Budi Utomo (TAV),  Hari Seputro, S.Pd., MT (TKJ), dan beberapa bapak/ibu guru/karyawan serta para siswa/siswi muslim kelas X, XI, XII, dan sebagian kelas XIII.
Pada khotbahnya, khotib menyampaikan pesan Rasulullah SAW saat menyampaikan khotbah pada peristiwa Haji Wada'. Berikut ini adalah cuplikan dari khutbah tersebut.
  1. Larangan Membunuh Jiwa dan Mengambil Harta Orang Lain Tanpa Hak
  2. Kewajiban Meninggalkan Tradisi Jahiliyah seperti Pembunuhan Balasan dan Riba
  3. Mewaspadai Gangguan Syaitan dan Kewajiban Menjaga Agama
  4. Larangan Mengharamkan yang Dihalalkan dan Sebaliknya
  5. Kewajiban Memuliakan Wanita (Isteri)
  6. Kewajiban Berpegang Teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah
  7. Kewajiban Taat kepada Pemimpin Siapapun Dia Selama Masih Berpegang Teguh pada Al Qur’an.
  8. Kewajiban Berbuat Baik kepada Hamba Sahaya.
  9. Umat Islam adalah Bersaudara antara Satu dengan Lainnya.
  10. Kewajiban Menyampaikan Khutbah Rasulullah SAW kepada Orang Lain
Seusai Sholat Ied dilakukan penyembelihan hewan qurban. Tahun ini hewan qurban yang disembelih sebanyak 2 (dua) ekor sapi dan 12 (dua belas) ekor kambing yang berasal dari iuran latihan qurban dan bapak/ibu guru/karyawan maupun siswa/siswi yang menitipkan hewan qurbannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar