Selasa, 12 November 2019

Upacara Hari Pahlawan 2019

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 11 November 2019 dengan Inspektur Upacara Kepala Sekolah - Drs. Samiran, MT. Upacara diikuti oleh seluruh bapak dan ibu guru dan karyawan serta para siswa. Tema peringatan tahun 2019 adalah "Aku Pahlawan Masa Kini". Pada kesempatan tersebut dibacakan sambutan Menteri Sosial, yang sebagian intinya bahwa menjadi Pahlawan masa kini dapat dilkukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata dalam rangka memperkuat keutuhan NKRI. 

Diantara pesan atau kata mutiara yang dibacakan dalam rangkaian upacara hari itu adalah dari Proklamator Republik Indonesia :

1. Pesan Pahlawan Nasional Ir. Soekarno :
  • “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”
  • “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”
  • “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”
  • “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”
  • “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”
2. Pesan Pahlawan Nasional Drs. Moh. Hatta :
  • “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita”
  • “Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi.”
Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar