Senin, 25 November 2019

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Kegiatan diikuti oleh seluruh bapak dan ibu guru serta karyawan serta segenap para siswa. Persembahan ungkapan perwakilan siswa kepada para guru yang telah mendidiknya di Hari Guru Nasional Tahun 2019 - 25 November 2019 di penghujung pelaksanaan upacara bendera. Berkenan menjadi Inspektur Upacara adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum - Titik Setyawati, S.Pd., MT.

Pada kesempatan tersebut dibacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan - Nadiem Anwar Makarim, diantaranya hal yang menggelitik adalah kalimat sebagai berikut :
"Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan. Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan. Anda frustrasi karena Anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal. Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagamaan sebagai prinsip dasar birokrasi. Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi."

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar