Kamis, 23 Mei 2024

Kemah Bakti Terpadu (KBT) Tahun 2024

Kemah Bakti Terpadu atau sering dikenal dengan sebutan KBT tahun 2024 ini diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 23 Mei 2024. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh kelas XI SMK Negeri 7 Semarang. Bumi Perkemahan Indra Prastha di Dusun Ledoksari, Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, 57352 menjadi tempat acara ini dilaksanakan kembali setelah sempat tertunda di tahun sebelumnya. Sebanyak 604 siswa kelas XI yang dapat hadir di kegiatan KBT, masing-masing kelas diberikan tanggung jawab atas seluruh keperluan kemah mulai dari kepentingan pribadi, kelas, ataupun jurusan. KBT juga menjadi salah satu pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5. 

Tema Kemah Bakti Terpadu (KBT) Tahun 2024 ini adalah "Dengan Pendidikan Karakter Melalui Kemah Bhakti Terpadu kita bentuk karakter siswa SMK Negeri 7 Semarang yang jujur, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam kehidupan sosial bermasyarakat, berbangsa' dan bernegara".

Oleh karena itu, selain hanya mendirikan tenda dan menginap di alam bebas. Seluruh siswa dari setiap jurusan maupun kelasnya mendapatkan beberapa kegiatan yang wajib diikuti untuk pembelajaran P5 ini. Seperti halnya adanya pentas seni dan paduan suara menyanyikan Mars Stemba, dimana setiap kelas wajib menampilkan suatu penampilan yang akan dilombakan sekaligus dinilai oleh juri dari pihak guru. Pentas tersebut ditampilkan selama tiga hari berturut-turut pada malam hari di Bumi Perkemahan. Sebagai tamu di daerah masyarakat lain, seluruh siswa kelas XI juga diberikan projek Bakti Karya Jurusan, dimana setiap jurusan akan mengabdi atau membantu masyarakat setempat sesuai dengan kejuruan mereka. 

Karya Bakti per Jurusan bentuk kegiatannya adalah : 
  1. SIJA : Pelatihan atau workshop Canva kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Gladagsari. 
  2. KGS dan KJIJ : Perbaikan jalan di bumi perkemahan dan melakukan cat ulang  gapura dan pagar bumi perkemahan. 
  3. TFLM : Memperbaiki plang masuk yang berada didepan bumi perkemahan. 
  4. Mekatronika dan TEK : Membuat 2 sistem lampu yaitu photo cell (menyalakan lampu secara otomatis dengan menggunakan sensor cahaya) dan limit switch (menyalakan lampu otomatis dengan sensor posisi yaitu menggunakan tuas atau gerakan). 
  5. TITL : membetulkan alat elektronik masyarakat di sekitar.
Tidak semua siswa mengikuti karya bakti jurusan, sebagian akan dibagi untuk kerja bakti di lingkungan sekitar tempat masyarakat oleh panitia KBT. Selain itu juga terdapat dua mata lomba yang wajib diikuti oleh setiap jurusan yaitu LCC (Lomba Cerdas Cermat) dengan mengangkat tema 4 pilar dan pengetahuan umum serta lomba Mini Soccer. Kegiatan paling terakhir dan puncaknya adalah hiking atau outbound, kegiatan ini merupakan perjalanan untuk menyusuri daerah lain dari Bumi Perkemahan dan sekitarnya. Selama perjalanan akan terdapat tiga pos yang sudah diisi oleh panitia, setiap pos berisi semacam game yang wajib diikuti oleh setiap kelas agar dapat melanjutkan ke pos berikutnya hingga ke pos ketiga, dan setelah itu dapat kembali ke Bumi Perkemahan.

Acara KBT tahun 2024 ini mencapai hari terakhir yaitu tanggal 23 Mei 2024, seluruh siswa wajib membereskan tenda dan membersihkan daerah sekitarnya masing-masing. Acara ditutup dengan apel penutupan dan juga pengumuman juara seperti pentas seni, paduan suara, tenda terbaik, lomba LCC, dan mini soccer.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Armada yang siap mengantar dan menjemput ke lokasi KBT 2024

Upacara pembukaan KBT 2024

Senam pagi bersama

Cerdas cermat

Karya bakti Kerohanian Islam

Karya bakti seluruh siswa

Karya bakti jurusan SIJA

Pentas seni

Karya bakti Pramuka

Penghargaan kepada juara tiap lomba

Upacara penutupan KBT 2024

Kontributor :
Adinda Slavina dan Farikha Najwa Faza - XI SIJA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar