Selasa, 02 Juli 2024

Berpartisipasi Pada Kegiatan Internship Fair 2024 FIKOM Unika Soegijapranata

Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata secara rutin mengadakan “Internship Fair” dan di tahun 2024 ini diselenggarakan Selasa, 02 Juli 2024 bertempat di Ruang Theater Gedung Thomas Aquinas Lantai 3 Universitas Katholik Soegijapranata. Acara mengundang berbagai perusahaan Teknologi Informasi di Semarang maupun luar kota Semarang. Setiap perusahaan melakukan presentasi kepada mahasiswa sambil dimungkinkan untuk mengadakan rekrutmen dalam program magang kerja 3-6 bulan.

Model rekrutmen di dalam acara ini disesuaikan seperti model rekrutmen tenaga kerja. Sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk betul-betul memposisikan diri terjun di dunia kerja. Perusahaan juga dimungkinkan untuk menghadirkan booth penjelasan lebih detil magang kerja di depan ruang seminar.

Program magang kerja ternyata menjadi salah satu solusi dari masalah turn-over yang tinggi pada saat lulusan pertama kali bekerja. Proses selama magang kerja selama 3-6 bulan ternyata ikut membentuk daya tahan mahasiswa dan meningkatkan kenyamanan dalam bekerja, sekaligus mempercepat penyesuaian dengan kebutuhan Perusahaan. Seringkali setelah lulus, mereka akan kembali di tempat magang kerja atau bahkan dengan sadar terikat kontrak sebelum mereka lulus dan wisuda. Dengan demikian, magang kerja menjadi kolaborasi yang strategis baik untuk dunia kampus maupun dunia industri.

Kegiatan Internship Fair 2024 ini diikuti oleh beberapa perusahaan yang berfokus ke bidang ilmu Teknologi Informasi antara lain PT Mitra Kasih Perkasa, PT Buana Online Sejahtera, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), RECTMedia, dan AIESEC Semarang.

Selain mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika, FIKOM Unika Soegijapranata juga mengajak siswa-siswi dari SMK di Kota Semarang untuk terlibat sebagai peserta. Harapannya, FIKOM Unika Soegijapranata juga dapat menjembatani kebutuhan magang kerja dari siswa-siswi SMK di Kota Semarang melalui kegiatan ini. Pada tahun 2024 ini, SMK yang diundang adalah SMK Negeri 4 Semarang, SMK Negeri 7 Semarang, SMK Negeri 8 Semarang, dan SMK Negeri 11 Semarang. Dari SMK negeri 7 Semarang yang ditugasi siswa Kelas XII SIJA 2 dengan pendamping Guru Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi (SIJA) - Netty Pietersina Engel, S.Pd., M.Kom. dan Mumpuni Nurwitasari, S.Pd.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut. 
Para guru penamping diajak bincang-bincang dengan Dekan FIKOM sebelum acara dimulai

Sambutan Dekan FIKOM - Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom., MS.IEC.

  

Sambutan Kepala Laboratorium Program Studi Sistem Informasi - Andre Kurniawan Pamudji, S.Kom., M.Ling.

Para siswa SIJA SMK Negeri 7 Semarang bersama pendamping

Paparan oleh PT Mitra Kasih Perkasa

Paparan oleh PT Buana Online Sejahtera

Paparan oleh PT Hartono Istana Teknologi (Polytron)

Paparan oleh RECTMedia

Paparan oleh AIESEC Semarang

Siswa bertanya - Dhavin Fasya Alviyanto

Siswa SIJA bertanya - Atha Reruto Satria Dianjati

Foto bersama di akhir kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar