Jumat, 26 Juli 2024

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun 2024

M
asa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah program orientasi yang diselenggarakan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. Menurut Kemendikbudristek RI, MPLS bertujuan untuk mengenalkan siswa pada budaya, aturan, dan tata tertib di sekolah. Program ini juga dirancang untuk membangun karakter positif serta membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru, MPLS adalah kegiatan yang wajib dilakukan pada tahun ajaran baru. Kegiatan MPLS merupakan salah satu bentuk dukungan proses pembelajaran.

Pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), susunan kegiatan MPLS disusun sedemikian rupa agar siswa dapat memahami lingkungan belajar yang baru dan spesifik sesuai dengan bidang kejuruan yang mereka pilih. Kegiatan MPLS di SMK biasanya meliputi pengenalan terhadap kurikulum, fasilitas sekolah, hingga peraturan yang berlaku. Selain itu, siswa juga diajak untuk mengenal para guru dan staf, serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mereka ikuti. MPLS di SMK bertujuan untuk memperkenalkan SMK pilihan peserta didik secara lebih dekat. Pengenalan tersebut mulai dari kegiatan seputar pengenalan sarana dan prasarana sekolah, program sekolah, konsep pengenalan diri, pembinaan awal kultur sekolah, sampai dengan pengenalan cara belajar saat di SMK.

Seiring dengan hal tersebut, maka dari tanggal 22 s.d. 26 Juli 2024 telah delaksanakan kegiatan MPLS di SMK negeri 7 Semarang. Berkenan membuka kegiatan adalah Plt. Kepala Sekolah - Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. bertempat di lapangan utama sekolah. Tercatat ada 719 Peserta Didik yang mengikuti kegiatan MPLS. Peserta sebanyak itu terbagi dalam 7 (tujuh) kelompok MPLS sesuai dengan nama program keahlian yang akan dipelajari oleh siswa.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.

Pembukaan Kegiatan MPLS 2024

Peserta MPLS 2024

Presensi tiap pagi usai apel

Foto bersama Panitia dan Wali Kelas X

Paparan materi

Kembali Wali Kelas X membersamai siswa perwaliannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar