Sabtu, 21 September 2024

Perkemahan Jum'at Sabtu (Perjusa) Tahun 2024

P
erjusa
atau yang lazim disebut Perkemahan Jum’at Sabtu merupakan salah satu program kerja dari Gugus Depan 11.089 - 11.090 Ambalan Ir. Soekarno - Fatmawati Pangkalan SMK Negeri 7 Semarang. Perjusa di laksanakan selama 2 hari 1 malam tepatnya pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 20 dan 21 September 2024. Kegiatan tersebut wajib diikuti seluruh siswa kelas X, dengan didampingi oleh Laksana dan Bantara, serta didampingi oleh Dewan Guru dari unsur Kesiswaan. Selain sebagai kegiatan rutin setiap tahun, Perjusa berupaya untuk mengembangkan semangat kepemimpinan, kebersamaan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi momen berharga bagi para peserta dalam mengasah potensi diri dan mempererat tali persaudaraan.

Dengan semangat Pramuka yang kental, peserta dari seluruh kelas X di SMK Negeri 7 Semarang berkumpul untuk mengikuti rangkaian kegiatan seru dan mendidik. Perjusa kali ini diisi dengan berbagai macam aktivitas yang merangsang kreativitas, kerjasama tim, serta rasa tanggung jawab. Melalui berbagai tantangan dan kegiatan lapangan, peserta diajak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan jiwa patriotisme. Tidak hanya kegiatan serius, Perjusa juga menyajikan momen hiburan dan rekreasi. Malam hari diisi dengan sholat Maghrib dan Isya berjamaah, makan malam bersama dilanjut dengan upacara api unggun. Momen seperti ini sangat berharga dalam membentuk hubungan sosial yang lebih dalam dan mendorong terciptanya atmosfer positif di antara anggota Pramuka. 

Perjusa bukan hanya sekadar perkemahan biasa, tetapi juga merupakan platform untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan mempererat rasa persaudaraan. Dengan Perjusa kali ini, diharapkan semakin banyak siswa yang terinspirasi untuk bergabung dalam Gerakan Pramuka dan mengambil manfaat dari berbagai kegiatan yang ditawarkan.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Upacara Pembukaan Perjusa 2024 dengan Pembina Upacara - Lutfil Ansori, S.Pd. (Pembina Gudep 11.089)

Penyampaian materi dari Saka Bhayangkara dan Polsatwa Polrestabes Semarang

Penyampaian materi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang

Penyampaian materi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang

Penyampaian materi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang

Penyampaian materi dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang

Ceria bersama Damkar

Makan malam bersama

Upacara Api Unggun

Upacara Api Unggun

Upacara Api Unggun

Upacara Api Unggun

Plt. Kepala SMK Negeri 7 Semarang - Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. berkenan menjadi Pembina Upacara Api Unggun

Pentas Seni

Pentas Seni

Persiapan pemberangkatan kegiatan Pengembaraan

Mengerjakan tugas di salah satu Pos

Salah satu kelas - X PPLG 1 - Berfoto bersama Wali Kelas (Hari Seputro, S.Pd., M.T.) dan Guru Kejuruan (Joestiharto, S.Pd., S.ST., M.T.)

Upacara Penutupan Perjusa 2024 dengan Pembina Upacara - Inas, S.Pd. (Pembina Gudep 11.090)

Liputan di YouTube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar