Senin, 12 Agustus 2019

Idul Adha 1440 H di SMK Negeri 7 Semarang

Minggu, 11 Agustus 2019 yang lalu, segenap keluarga besar SMK Negeri 7 Semarang telah menyelenggarakan rangkain Ibadah Idul Adha. Adapun kegiatan tersebut diawali dengan pengumpulan ltihan qurban dari para siswa, sholat Idul Adha, dan penyembelihan hewan qurban. Kegiatan diikuti oleh segenap para siswa, bapak/ibu guru dan karyawan, serta mahasiswa PPL dari Unnes Universitas Negeri Semarang), UPGRIS (Universitas PGRI Semarang), dan UIN (Universitas Isalam Negeri) Walisongo Semarang. Berkenan menjadi imam dan khotib sholat Idul Adha 1440 H kali ini adalah bapak Abdulloh Jamil, S.Ag., M.Si.

Pada khotbahnya, khotib menyampaikan bahwa Suri tauladan yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS yang sudah sepantasnya dapat kita tiru. Baik sewaktu beliau masih muda yang taat namun kritis maupun ketika beliau telah menjadi orang tua dengan senantiasa mengedepankan dialog dengan anaknya. Beliau Nabi Ibrahim AS juga menjadi sosok pemimpin umat yang memperhatikan umatnya dengan totalitas.

Usai Sholat Ied dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban sejumlah 3 (tiga) ekor sapi dan 3 (tiga) ekor kambing dari sekolah yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Rasno, S.Pd. kepada Panitia Qurban yang diwakili oleh bapak Drs. Arwani selaku Ketua Panitia untuk dilakukan penyembelihan dan dibagikan kepada yang berhak menerimanya, baik para siswa maupun warga sekitar.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
 Pembacaan Takbir diselingi pengumuman dari panitia

 Jamaah sholad Idul Adha dengan antusias mendengarkan khotbah

 Khotib Idul Adha 1440 H - Abdulloh Jamil, S.Ag., M.Si.

 Sambutan Ketua Takmir Masjid Al Adab SMK Negeri 7 Semarang - Drs. Arwani

 Sambutan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan - Rasno, S.Pd.

 Penyerahan secara simbolis hewan qurban dari sekolah kepada Panitia Idul Adha - Abdulloh Jamil, S.Ag., M.Si.

 Penyembelihan hewan qurban - kambing

 Penyembelihan hewan qurban - sapi

 Pengulitan kambing

 Pengulitan sapi

 Perebusan jeroan hewan qurban

 Pemotongan daging qurban

 Pengemasan daging qurban

 Pendistribusian daging qurban

 Kebersihan lingkungan

Evaluasi kegiatan

1 komentar: