Rabu, 23 Agustus 2023

Kunjungan Industri Mitra Dalam Rangka Embrio Usaha Mandiri SIJA

Usaha Mandiri (USMAN) sekolah adalah suatu proses kegiatan yang diusahakan sekolah secara berkesinambungan, bersifat akademis dan bisnis dengan memberdayakan warga sekolah dan lingkungan maupun industri mitra dalam bentuk unit usaha produksi yang dikelola secara profesional. Tujuan dilaksanakannya kegiatan usaha mandiri adalah :
  1. sarana pelatihan berbasis produksi bagi siswa,
  2. menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa,
  3. membantu pendanaan untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya operasional lainnya.
  4. mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri dalam pelaksanaan kegiatan praktik siswa,
  5. meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pembelajaran praktik
Seiring dengan hal tersebut, maka pada tanggal 23 Agustus 2023 telah dilaksanakan Visitasi oleh industri mitra terkait dengan kesediaan industri tersebut dan kesiapan sekolah yang akan mengembangkan Usaha Mandiri Sekolah pada Konsentrasi Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi (SIJA) menyusul Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang telah berjalan lebih dahulu. Rencana lokasi UsMan SIJA sederet dengan UsMan TKR. UsMan SIJA sebagai pengembangan dari kerjasama dengan industri mitra yang telah berjalan sebelumnya dalam bentuk Kelas Industri. Adapun industri mitra yang dimaksud adalah PT Karir Anak Indonesia yang beralamat di Jl. Gotong Royong No.147, Gombel Lama, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50262.

Berkenan hadir pada kegiatan tersebut Founder PT Karir Anak Indonesia - Ilik Sasongko didampingi CEO PT Karir Anak Indonesia - Faizal Kamal dan Creative Team PT Karir Anak Indonesia - Anis Sasongko. Sedangkan dari SMK Negeri 7 Semarang berkenan menerima kunjungan adalah Kepala Sekolah - Haris Wahyudi, S.Pd., M.Pd. didampingi Pengelola Usaha Mandiri SMK Negeri 7 Semarang - Sri Utami, S.Pd., M.Pd. dan Guru SIJA - Netty Pietersina Engel, S.Pd., M.Kom. dan Hari Seputro, S.Pd., M.T.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.

Liputan kegiatan di YouTube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar