Rabu, 17 Juli 2019

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2019

Mengawali Tahun Pelajaran 2019/2020 bagi kelas X semua kompetensi keahlian adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 s.d. 17 Juli 2019 sesuai Jadwal. Maksud  tujuan dilaksanakannya MPLS adalah untuk :
  1. Mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.
Berkenan menjadi narasumber MPLS antara lain Kepala Sekolah, Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan Satlantas Polrestabes Semarang. Hal-hal yang perlu diperhatikan dari penjelasan para narasumber diantaranya sebagai berikut. 
  • Kepala Sekolah menyampaikan tentang kebijakan sekolah, memantapkan kesiapan siswa untuk dengan penuh semangat dalam belajar, pentingnya menjaga nama baik sekolah, serta mewajibkan para siswa untuk memahami Visi dan Misi Sekolah. 
  • Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Semarang menyampaikan pentingnya menjga kesehatan reproduksi remaja, senantiasa berkomunikasi dengan kedua orang tua dalam segala hal, dan pentingnya menjaga kebersihan jasmani dan rohani.
  • Sedangkan ibu Rina dari Satlantas Polrestabes Semarang menyampaikan hal-hal terkait dengan kedisiplinan di jalan raya maupun di mana saja, dimohon tidak mendarai kendaraan bermotor sebelum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).
Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
 Apel pagi dengan Pembina Apel - Suyadi, S.Pd. (Pembina Paskibra)

 Penyampaian materi oleh Kepala Sekolah - Drs. M. Sudarmanto, M.Pd.

 Penyampaian materi oleh Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Semarang

Penyampaian mater oleh Satlantas Polrestabes Semarang - Iptu Rina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar