Minggu, 03 September 2023

Berpartisipasi Pada Kegiatan Jambore Kebangsaan Tahun 2023

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Tengah telah menggelar Jambore Kebangsaan dengan tema "Jambore Kebangsaan - Kawal Pemilu Damai 2024" Minggu, 03 September 2023 di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang, mulai pukul 06.00 WIB. Pada kegiatan tersebut SMK Negeri 7 Semarang turut berpartisipasi menghadirkan siswa dengan seragam Pramuka sebanyak 100 orang dengan 2 orang pembina (Hari Seputro, S.Pd., M.T. dan Dra. Sri Sutarti, M.Si.).

Adapun puncak acara Jambore Kebangsaan berlangsung di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang yang diikuti 10.000 orang. Mereka berasal dari mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus (HMI, PMII, GMKI, IMM, PMKRI, GMNI, KAMMI), Organisasi Agama dan Kemasyarakatan, KNPI, Kwartir Daerah Jawa Tengah, KORMI, Karang Taruna Jawa Tengah, FKUB, Banser, GP Ansor, Kokam Muhammadiyah, Kepala Daerah se-Jawa Tengah, Instansi vertikal, KPU, Bawaslu, BUMD, Parpol, tokoh agama, mahasiswa, santri, pelajar, dan lain-lain.

Sebelum dimulainya pembacaan deklarasi pemilu damai, peserta yang hadir dari berbagai lapisan masyarakat terlebih dahulu menyatukan hati dalam doa lintas agama, sebagai simbol kesatuan dalam perbedaan. Setelah pembacaan doa lintas agama, dilanjutkan pembacaan deklarasi pemilu damai oleh 35 Pemuda dan Pemudi serta pemasangan bendera merah putih di Monumen Pemilu Damai oleh Gubernur Jawa Tengah - H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP., bersama Walikota Kota Semarang - Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos., Forkopimda Jawa Tengah, KPU Jawa Tengah, dan Bawaslu Jawa Tengah. 

Acara diawali dengan hiburan dari Pagi Boeta Band dilanjutkan Ikrar Deklarasi Pemilu Damai yang melibatkan seluruh peserta Jambore Kebangsaaan yang dibacakan oleh perwakilan peserta. Kegiatan dilanjutkan Pemasangan Bendera Merah Putih secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah pada Monumen Pemilu Damai dengan tujuan untuk membangun komitmen bersama dalam menciptakan suasana damai dan stabilitas keamanan menjelang, saat dan setelah Pemilu 2024.

Jambore Kebangsaan menjadi tonggak penting dalam menghadapi pemilu mendatang khususnya bagi generasi muda dan masyarakat Jawa Tengah. Mempersatukan berbagai lapisan masyrakat, berbagai suku agama dan budaya.

Jambore Kebangsaan diakhiri dengan Orasi Kebangsaan oleh Gubernur Jawa Tengah untuk menggelorakan semangat Pemilu Damai 2024 dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, menghormati perbedaan, dan menjaga harmoni sosial masyarakat.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Foto di daerah persiapan

Di lokasi kegiatan

Perwakilan peserta menyerahkan bendera Merah Putih

Pemasangan bendera Merah Putih di Monumen Pemilu Damai

Orasi Kebangsaan oleh Gubernur Jawa Tengah - H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP.

Foto bersama di akhir kegiatan

Liputan di Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar