Selasa, 26 September 2023

Guru Tamu SIJA dari PT Internet Mulia Untuk Negeri (Nexa) - Tahun 2023

Guru tamu adalah program pembelajaran dimana para siswa akan diajar oleh instruktur yang berasal dari luar instansi sekolah misalnya dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. Adapun manfaat yang dapat diperoleh adalah memberikan penyegaran bagi para siswa karena dibimbing langsung oleh praktisi yang professional dan siswa mendapatkan pendalaman materi yang up to date baik teorinya maupun praktiknya. 

Kali ini siswa kelas XI konsentrasi keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi (SIJA) menerima pembelajaran dari Staf PT Internet Mulia Untuk Negeri (Nexa) - Nala Adina bersama Tim.  Kegiatan berlangsung di Ruang Sidang Atas pada tanggal 26 September 2023. Berkenan menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan adalah Plt Kepala SMK Negeri 7 Semarang - Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. didampingi Ketua Konsentrasi Keahlian SIJA - Agus Setyawan, M.Kom. Hadir pula mendampingi para siswa adalah Bapak/Ibu Guru SIJA (Isna Fahrizal, S.Pd., Mumpuni Nurwitasari, S.Pd., dan Khoirun Nisa Nurul Fitri, M.Pd.)

Nexa atau PT Internet Mulia Untuk Negeri adalah perusahaan swasta, bergerak di bidang IT Solutions. Nexa bergerak di sektor jalur solusi komunikasi data dan IT langsung kepada konsumen, terutama layanan akses internet dan komunikasi multimedia. Kegiatan kali ini bertajuk "Mastering Web & App Development", dengan Nala Adina selaku programmer Nexa sebagai pembicara.

Workshop dimulai mulai pukul 10.00 WIB. Pembicara menjelaskan materi diantaranya : definisi back-end, web server dan web service, NodeJS, praktikum NodeJS. Berdasarkan materi yang sebelumnya telah dipaparkan, back-end adalah bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan yang tak terlihat oleh pengguna. Back-end bertujuan untuk mendukung aplikasi front-end bekerja sesuai dengan fungsinya. Back-end, Web server, dan Web service dianalogikan sebagai berikut :
  • back-end adalah kokinya
  • web service adalah pelayannya
  • web server adalah restorannya
Mengapa NodeJS ? karena mudah dan banyak lowongan pekerjaan yang menawarkannya. Kemudian, NodeJS adalah rutinitas environment yang berfungsi sebagai server-side platform untuk menjalankan kode JavaScript. JavaScript biasanya digunakan untuk mengendalikan browser, maka diubah menjadi bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi server-side.

Selanjutnya peserta yang hadir diajarkan mengenai NodeJS secara langsung. Ekosistem Node.JS adalah sekumpulan perangkat lunak, alat, modul, dan sumber daya yang berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak menggunakan Node.JS sebagai platform runtime. Sebagai contoh :
  • (1) Node Runtime
  • (2) NPM(3) Node Module
  • (4) Komunitas
  • (5) Framework (Express, uWebsocket, Bun)
  • (6) alat Pengembang (VSCode).
Selanjutnya, peserta diajak bersama sama untuk mempraktekkan instalasi dan penggunaan Node.JS menggunakan alat pengembang text editor yaitu Visual Studio Code.

Di penghujung acara juga diberikan beberapa kuis yang hadiahnya berupa voucher senilai Rp. 50.000,-. Kuisnya seputar instagram Nexa @nexanet.id. Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Pembukaan kegiatan oleh Plt. Kepala Sekolah - Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T.

Penyampaian materi

Suasana kegiatan workshop

Suasana kegiatan workshop

Sebagian siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan memperoleh voucher

Foto Bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar