Minggu, 07 April 2019

Pelatihan Dasar Jurnalistik Tahun 2019

Budaya literasi yang semarak didengungkan di setiap kegiatan menjadi salah satu pemicu dilaksanakannya Pelatihan Dasar Jurnalistik Tahun 2019 yang dikemas dengan bijak oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMK Negeri 7 Semarang pada tanggal 06 April 2019. Pada acara tersebut, dihadirkan 3 (tiga) narasumber dari salah satu media ternama yang tumbuh di Kota Semarang. Adapun peserta kegiatan adalah perwakilah kelas X semua kompetensi keahlian. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya para guru Bahasa Indonesia dalam rangka menumbuhkembangkan budaya menulis sejak dini di SMK Negeri 7 Semarang. Materi yang disampaikan oleh narasumber antara lain : beberapa struktur penting dalam membuat berita tertulis, cara membenahi kesalahan pada majalah Akses, dan mencoba membuat majalah yang lebih benar.

Hampir tujuh jam anak-anak SMK Negeri 7 Semarang yang berminat dengan jurnalistik berkubang secara intens dengan kegiatan ilmiah. Puluhan anak suntuk mendengarkan secara serius, langsung praktik secara kelompok, dalam membuat tulisan berdasar rubriksasi yang ada di majalah Akses (majalah besutan para guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 7 Semarang). Hasil karya mereka dengan sabar diulas tiga jurnalis dari Suara Merdeka. 

Matur nuwun limpahan ilmu, etika kebijakan, pengalaman praktik, teknik mengambil foto dan lain-lain yang telah diberikan Mbak Sri Syamsiyah, Mbak Sasi Pujiati, Mas Leonardo begitu mereka akrab disapa. Disampaikan oleh perwakilan MGMP Bahasa Indonesia - Drs. Budi Wahyono, M.Si.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatn tersebut.
 Sambutan Pembukaan dan Penutupan Pelatihan Jurnalistik Dasar oleh - Drs. Budi Wahyono, M.Si.

 Para peserta dengan antusias memperhatikan celoteh para jurnalis yang sedang berbagi ilmu dan pengalamannya

Pose sejenak usai kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar