Minggu, 21 April 2019

Ujian Praktik Mata Pelajaran Normatif Adaptif Tahun 2019

Episode akhir proses belajar mengajar bagi kelas XII secara berurutan diakhiri dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dulanjutkan dengan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) kemudian Ujian Praktik Mata Pelajaran (Mapel) Normatif Adaptif (NA). Adapun Mapel yang diujikan praktik NA adalah Pendidikan Agama, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan), dan Prakarya dan Kewirausahaan. Keenam mapel tersebut dilaksanakan secara serempak dengan penjadwalan yang runtut sesuai dengan guru mapel yang mengampu mapel tersebut.

Adapun materi yang diujikan pada setiap mapel adalah sebgai berikut :
  1. Pendidikan Agama, untuk agama Katholik dan Kristen dilaksanakan hari Jumat, 19 April 2019. Ujian Praktik Agama Islam, materi yang diujikan yaitu, 1) Sholat Jenazah, 2) Hafalan Surah As Syams dan Ad Duha, 3) Doa Qunut 4) Zikir dan Doa seusai sholat. 
  2. Seni Budaya, terdapat 2 macam praktik. Tergantung guru pengampu kelas meminta macam yang mana. Ada yang disuruh menampilkan seni Tari dan ada yang seni Musik. Untuk TKJ dapat seni musik.
  3. Bahasa Indonesia, siswa disuruh memilih satu dari lima topik untuk dijadikan materi pidato. Teks pidato dibuat sendiri oleh siswa sebelumnya dan disampaikan di depan Guru Bahasa Indonesia.
  4. Penjasorkes yang diujikan adalah voli (passing bawah dan atas selama 1 menit), lari jarak menengah (keliling Lapangan Simpang Lima sebanyak 2 kali), dan basket (memasukkan bola under ring selama 1 menit).
  5. Prakarya dan Kewirausahaan, siswa disuruh membuat karya dari bahan bekas botol dan dihias menggunakan kain flannel dan cat.
  6. Bahasa Inggris, siswa dibentuk kelompok satu kelompok 4 orang untuk mempraktikkan percakapan (conversation) dengan materi yang sudah ditentukan oleh guru.
Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
 Ujian Praktik Pidato Bahasa Indonesia

 Ujian Praktik Penjasorkes

Ujian Praktik Seni Budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar