Jumat, 27 Oktober 2023

Berprestasi Di Ajang Lomba Samsung Innovation Campus Tahun 2023

Tim Eaterstelar dari SMK Negeri 7 Semarang, Jawa Tengah berhasil keluar sebagai pemenang pada ajang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 4 2022/2023. Tidak hanya dari SMK Negeri 7 Semarang, sejumlah SMK lainnya juga mendominasi di ajang perlombaan tersebut.

Tim Eaterstelar yang keluar sebagai juara pertama menghadirkan produk inovasi berupa Smart PLTS di ajang SIC. Smart PLTS merupakan sistem yang dapat memonitor dan men-switch sumber arus rumah dari PLTS dan PLN. Inovasi tersebut dikembangan ini dikembangkan oleh lima siswa yang tergabung dalam tim 231 Eaterstelar yang terdiri atas, Dzulfi Amalia (XII TEK 2), Puput Indriana (XII TEK 2), Kemala Anggita Putri Wibowo (XII TEK 1), Andrian Teja Buana (XII TEK 2), dan Khrisna Dewa Candra Wicaksono (XII TEK 2). 

Pemenang kedua adalah tim NEXUS4G dari MAN 4 Pekanbaru dengan solusi Nextoilet for Safety Bath yaitu smart bathroom yang aman untuk lansia. Sementara itu, pemenang ketiga adalah tim Massive 5 dari SMK Negeri 1 Cimahi dengan solusi Smart Sort Trash, yakni berupa tempat sampah pintar yang dapat memilah sampah sesuai dengan jenisnya. 

Tim dari SMK juga berhasil menjuarai untuk kategori People Choice Award yang diraih oleh Tim Anggrek dari SMKN 1 Geger Madiun, Jawa Timur. Tim SMKN 1 Geger menghadirkan solusi pendeteksi suhu dan kelembaban ruangan. 

Perwakilan dari tim Eaterstelar, Andrian Teja, mengatakan bahwa perjalanan tim untuk berhasil menang dalam SIC ini sendiri tidak mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para siswa selama mengikuti kompetisi tersebut.

“Mulai dari berbagi waktu antara belajar dan kegiatan SIC, nemuin waktu buat bareng-bareng, berbeda pendapat sampai kadang jadi berdebat, susahnya ngumpulin bahan hingga membuat prototipe,” ujar Andrian Teja.

Ide pengembangan inovasi Smart PLTS sendiri, menurut Andrian Teja, bermula dari tingginya penggunaan listrik PLN yang berdampak pada tingginya biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap rumah tangga.

“Harus ada sistem yang bisa melakukan monitoring,” kata Andrian Teja.

Dengan inovasi tersebut, lanjut Andrian, masyarakat dapat menghemat pengeluaran mereka setiap bulannya untuk membayar tagihan listrik

Alhamdulillah Tim Stemba Semarang dibawah asuhan Firmansyah, S.Pd., M.Kom. telah berhasil meraih prestasi terbaik sebagai Juara I. Selamat atas prestasi yang telah diraih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar