Jumat, 06 Oktober 2023

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Periode Oktober 2023

P
royek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu kegiatan kokurikuler berbasis proyek. Kegiatan yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Secara prinsip, pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Dijelaskan dalam buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang diterbitkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, kita dapat memperoleh berbagai informasi dan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan P5. Dipaparkan di panduan tersebut bahwa Kemendikbudristek telah menentukan tema untuk setiap proyek yang diimplementasikan di satuan pendidikan.

Adapun Tema dari P5 pada jenjang SMK adalah :
  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Kearifan Lokal
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
  5. Suara Demokrasi
  6. Rekayasa dan Teknologi
  7. Kewirausahaan
  8. Kebekerjaan
Di minggu kedua Oktober 2023 ini, dari tanggal 09 s.d. 12 Oktober 2023 dilaksanakanlah tema dari P5 tersebut. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan di minggu ini adalah Kearifan Lokal, Suara Demokrasi, dan Kewirausahaan sesuai dengan Nota Dinas Plt. Kepala SMK Negeri 7 Semarang Nomor : 421.6 / 2307 / 2023.
Nota Dinas Kegiatan P5 Periode Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar