Kamis, 12 Oktober 2023

Festival Bulan Bahasa Tahun 2023

Setiap tahun, Indonesia merayakan Bulan Bahasa sebagai sebuah momen penting untuk memahami dan merayakan kekayaan bahasa serta sastra yang menjadi ciri khas bangsa ini. Bulan Bahasa bukan hanya semata-mata perayaan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk merefleksikan makna yang lebih dalam dari tema yang diusung.

Bahasa merupakan media komunikasi yang paling tepat antar manusia. Melalui bahasa seseorang akan mengungkapkan keinginan dan keinginan tersebut dapat difahami oleh orang lain. Di negara Indonesia berbagai macam jenis bahasa sangat mudah ditemukan, bahkan satu wilayah bisa saja menggunakan lebih dari satu jenis bahasa. Keberagaman ini menginspirasi beberapa tokoh nasional untuk membuat satu jenis bahasa yang digunakan secara nasional yang saat ini kita kenal dengan Bahasa Indonesia. Deklarasi bahasa nasional dan bahasa persatuan di Indonesia dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Sehingga untuk mengingat perjuangan saat itu di setiap bulan Oktober dijadikan momen sebagai bulan bahasa.

Kegiatan Festival Bulan Bahasa Tahun 2023 dikemas dalam bentuk pelaksanaan lomba internal yang diikuti oleh seluruh peserta didik SMK Negeri 7 Semarang kelas X, XI, dan XII yang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 12 Oktober 2023. Kegiatan kali ini mengambil tema : "Ajining Diri Ana Lathi". Adapun mata lomba yang diselenggarakan adalah :
  1. Baca Puisi (Bahasa Indonesia)
  2. Nembang (Bahasa Jawa)
  3. Story Telling (Bahasa Inggris)
  4. Role Play (Bahasa Jepang)
  5. Poster (Bahasa Jerman)
Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.

Penampilan salah satu peserta Baca Puisi (Bahasa Indonesia)


Penampilan salah satu peserta Story Telling (Bahasa Inggris)

Penampilan salah satu peserta Role Play (Bahasa Jepang)


Hasil karya Poster (Bahasa Jerman)


Penampilan salah satu peserta Nembang (Bahasa Jawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar