Rabu, 08 November 2023

Berpartisipasi Pada Job Fair Tujuh SMK Negeri Kota Semarang Tahun 2023

T
ujuh SMK Negeri se-Kota Semarang bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang menggelar acara bursa kerja bertajuk Job Fair SMK Negeri Kota Semarang. Adapun acara ini berlokasi di SMK Negeri 1 Semarang dilaksanakan selama 2 hari - Selasa hingga Rabu, 07 s.d. 08 November 2023.

Ketujuh sekolah yang terlibat dalam penyelenggaraan Job Fair ini adalah SMK Negeri 1 Semarang, SMK Negeri 4 Semarang, SMK Negeri 6 Semarang, SMK Negeri 7 Semarang, SMK Negeri 8 Semarang, SMK Negeri 11 Semarang, dan SMK Negeri Jawa Tengah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemitraan SMK Negeri 7 Semarang yang juga panitia, Edy Setyawan, S.Pd., M.Pd. mengatakan, hingga hari kedua pelaksanaan job fair, terpantau ratusan pencari kerja (pencaker) telah memadati SMK Negeri 1 Semarang. Mereka yang umumnya merupakan alumni ketujuh SMK mendatangi job fair untuk mencoba peruntungan dari puluhan perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

“Penyelenggaraan Job Fair ini bertujuan untuk sesegera mungkin para lulusan agar terserap di dunia industri,” ujarnya. Selanjutnya, total lebih dari 70 perusahaan yang terlibat dalam job fair kali ini. Mulai dari perusahaan manufaktur, perusahaan otomotif, kapal pesiar, perusahaan alat kesehatan, hingga perhotelan.

Bahkan, beberapa perusahaan yang sebelumnya tidak terdaftar kemudian menyusul untuk turut terlibat dalam job fair ini. “Kalau kita total sampai hari ini ada 90 perusahaan,” imbuhnya Edy.

Sementara itu, Petugas dari Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Gita Mahartini mengungkapkan bahwa penyelenggaraan job fair ini merupakan kolaborasi antar SMK Pusat Keunggulan. Menurutnya, banyak alumni dari ketujuh sekolah yang sebelumnya mendapat pekerjaan dari kegiatan semacam ini. Oleh karena itu, pihaknya berharap penyelenggaraan job fair ini dapat mengurangi tingkat pengangguran di Kota Semarang.

“Sebelumnya sudah banyak penempatan-penempatan para pencari kerja sehingga setelah mengenyam pendidikan mereka tidak menganggur dan bisa langsung bekerja,” pungkasnya.

Di sisi lain, Edy menambahkan bahwa tidak hanya menyasar alumni SMK se-Kota Semarang, job fair juga ditujukan kepada siswa kelas akhir. Sehingga memperbesar peluang siswa-siswa ini dapat bekerja bahkan sebelum kelulusan.

Selain itu, masyarakat umum juga tetap dapat mengikuti job fair ini meski bukan berasal dari ketujuh SMK peserta.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Semarang - Dra. Ummi Rosydiana, M.Par.

Sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang - Dr. Sutrisno, S.KM., MH.Kes.

Sambutan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Jawa Tengah - Dr. Siswanto, M.Pd.

Talkshow dengan industri dipandu oleh Staf Kemitraan SMK Negeri 7 Semarang - Wigati Martina, S.Pd.

Stand SMK Negeri 7 Semarang

Talkshow dengan industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar