Senin, 27 November 2023

Upacara Bendera Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. 

Berdasarkan Nota Dinas dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah tentang pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2023, bahwa pelaksanaan upacara di satuan pendidikan dilakukan pada hari Senin, 27 November 2023. Seiring dengan hal tersebut, maka di SMK Negeri 7 Semarang telah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023. Upacara dilaksanakan di Lapangan Utama Sekolah dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum - Arum Fajar Vebrianingtyas, S.Pd., M.Pd. Pada kesempatan tersebut disampaikan Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Di penghujung kegiatan upacara dilakukan penyampaian penghargaan kepada bapak/ibu guru yang telah berprestasi mendampingi lomba sampai meraih prestasi di jenjang nasional. Penyampaian penghargaan tersebut dilakukan oleh Plt. Kepala SMK Negeri 7 Semarang - Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. didampingi Inspektur Upacara.

Adapun bapak dan ibu guru yang memperoleh apresiasi di Hari Guru Nasional Tahun 2023 adalah :
  1. Isna Fahrizal, S.Pd. (Guru SIJA)
  2. Tri Budi Handayani, S.Pd. (KKK KGS)
  3. Ahmad Malik, S.Pd. (Guru KGS)
  4. Paramita Sekar Tunggal, S.Pd. (KKK TME)
  5. Nyiroro Sri Djatiningsih, S.Pd., M.T. (Guru TME)
  6. Sugihartono, S.Pd. (KKK TEK)
  7. Firmansyah, S.Pd., M.Kom. (Guru TEK)
Selanjutnya mengakhiri kegiatan, ditampilkan persembahan parade puisi oleh 3 orang siswa sebagai ungkapan terima kasih kepada bapak dan ibu gurunya. Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Foto bersama guru yang mendapat apresiasi

Pembacaan puisi kepada guru

Cuplikan sebagian kegiatan di Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar