Jumat, 16 Februari 2024

Peringatan Isra' Mi'raj 1445 H / 2024 M

Isra' Mi’raj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa sangat penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu sehari semalam.

Isra' adalah perjalanan malam hari dari Mekah, Masjidil Haram, menuju Baitul Baqdis atau Masjidil Aqsa di Palestina. Perjalanan ini menurut mayoritas ulama adalah perjalanan fisik dan batin. Sedangkan Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit hingga Sidratul Muntaha.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu bentuk pengapresiasian dari kita selaku Umat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Melalui peringatan hari bersejarah Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

SMK Negeri 7 Semarang mengadakan acara peringatan Isra' Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H pada Jum’at, 16 Februari 2024. Peringatan yang penuh hikmat tersebut dihadiri oleh seluruh siswa-siswi yang beragama Islam beserta guru dan tenaga kependidikan serta mahasiswa PPL PPG.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah agar kita semakin mengingat, mencintai, dan melaksanakan ajaran Rasulullah, sehingga nantinya kita akan dirindukan dan mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad SAW sekaligus mempererat tali silaturahmi seluruh keluarga besar SMK Negeri 7 Semarang serta untuk menghayati hikmah dan nilai yang terkandung dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW tersebut.

Hal ini tentunya sebagai pembelajaran kepada generasi muda Islam berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada siswa-siswi SMK Negeri 7 Semarang. Berkenan menjadi narasumber yang menyampaikan Mauidzah Hasanah adalah Al Habib Hamid Bin Sholeh Ba'agil.

Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.
Liputan di YouTube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar