Kamis, 22 Agustus 2024

Siswa SIJA Berprestasi di Ajang WRECK-IT 5.0 Tahun 2024

WRECK-IT 5.0 merupakan annual event di bidang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Senat Korps Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara. Pada tahun 2024, WRECK-IT kembali hadir dengan mengusung tema 50 Years of Cyber and Crypto Evolution : Empowering Youth to Lead the Technological Future, yang diusung sebagai peringatan Hari Ulang Tahun Politeknik Siber dan Sandi Negara yang ke-50 tahun setelah melewati berbagai adaptasi dan perubahan terhadap pendidikan di bidang persandian. Salah satu rangkaian acara WRECK-IT 5.0 adalah kompetisi Capture the Flag (CTF) berskala nasional yang diselenggarakan secara daring dan luring.

Kompetisi CTF terbagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Konsep CTF yang digunakan pada babak penyisihan adalah berbasis Jeopardy, dimana setiap tim bersaing untuk mendapatkan poin tertinggi dengan mengerjakan soal-soal CTF yang sudah disediakan. Setiap soal memiliki skor yang berbeda tergantung dari tingkat kesulitan soal. Soal disajikan dalam berbagai kategori yang umum dikerjakan dalam kompetisi CTF. Peserta yang memperoleh poin tertinggi akan menjadi pemenang. Pada babak final, digunakan konsep attack/defense (untuk kategori General) dan Jeopardy (untuk kategori Junior), dimana dari total 10 tim yang masuk ke babak final dipilih satu tim yang membawa flag. Tim lain berusaha untuk mengambil flag yang diamankan tim pembawa flag sampai mendapatkannya. Pemenang ditentukan oleh tim yang paling banyak merebut flag dari tim lain serta yang dapat paling lama mengamankan flag ketika tim tersebut mendapatkan flag-nya. Kompetisi attack/defense akan dibarengi dengan kompetisi Jeopardy agar peserta dapat memperoleh poin tambahan.

SMK Negeri 7 Semarang dalam hal ini konsentrasi keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi telah mengikuti kompetisi tersebut hingga tahap Final yang diselenggarakan secara luring pada tanggal 21 Agustus 2024 yang lalu bertempat di Innovation Center Huawei Jakarta Office, Wisma Mulia 2 Building, 30th Floor, yang beralamat di Jl. Gatot Subroto No.6, RT 06 RW 01, Kel. Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12710. Adapun anggota Tim Sija Stembase (Tim SIGMA SIJA) adalah :
  1. Farrelino Arvia Atmajaya (XIII SIJA 2)
  2. Subekti Suryo Handoyo (XII SIJA 1)
  3. Dhavin Fasya Alviyanto (XII SIJA 2)
Alhamdulillah Tim Sija Stembase berhasil meraih prestasi sebagai :
  1. Juara II Junior CTF
  2. Juara Best Writeup Junior (tim dengan penulisan proof of concept atau penjelasan mengenai konsep penyelesaian soal dengan penulisan terbaik)
Selamat kepada Tim Sija Stembase atas prestasi yang telah diraih.
Foto saat penyerahan penghargaan sebagai Juara II

Foto bersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar